Sosialisasi Kode Etik Oleh Majelis Kode Etik BBPOM Di Makassar

30-04-2024 Umum Dilihat 123 kali

Kode etik merupakan pola aturan atau tata cara yang berfungsi sebagai pedoman berperilaku. Dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, kode etik adalah serangkaian norma-norma yang memuat hak dan kewajiban yang bersumber pada nilai-nilai etik yang dijadikan sebagai pedoman berfikir, bersikap, dan bertindak dalam aktivitas sehari-hari yang menuntut tanggung jawab suatu profesi. Tujuan kode etik yaitu mendorong pelaksanaan tugas pokok dan fungsi, meningkatkan disiplin pegawai, menjamin kelancaran dalam pelaksanaan tugas, meningkatkan etos kerja, kualitas kerja dan perilaku PNS yang professional, serta meningkatkan citra dan kinerja PNS di lingkungan Kementerian/Lembaga Pemda. Oleh karena itu BBPOM Makassar melaksanakan sosialisasi terkait Kode Etik yang disampaikan oleh Majelis Kode Etik BBPOM di Makassar di Hyatt Place Makassar pada Kamis (18/4/2024).

Ahmad Yani sebagai Ketua Majelis Kode Etik BBPOM di Makassar menyampaikan pentingnya bagi seluruh pegawai untuk memperhatikan dan mematuhi kode etik sebagai ASN karena menyangkut nama baik instansi.

Kepala BBPOM di Makassar, Hariani, mengatakan bahwa sebagai ASN harus merubah pola pikir berdasarkan Core Value BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan KOlaboratif) dan diaplikasikan dalam kehidupan sebagai ASN.

"Salah satu yang masih menjadi PR kita adalah bagaimana kita menerapkan BerAKHLAK karena perubahan itu dimulai dari diri sendiri. Kita tidak bisa mengubah orang lain, yang bisa dari dalam diri kita sendiri," ujar Hariani.

Sarana