Memasuki Bulan Ramadhan, Penyedia Takjil Ramai Berjualan, Balai Besar POM di Makassar Turun Memberikan Jaminan Keamanan Pangan di Kota Makassar

30-03-2024 Balai Besar/Balai POM Dilihat 138 kali

Makassar - Memasuki Bulan Suci Ramadhan, para penyedia takjil kembali ramai menjajakan makanan minuman berbuka puasa. Sebagai salah satu upaya dalam memberikan jaminan keamanan pangan khususnya makanan minuman takjil, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Makassar melaksanakan kegiatan Pengawasan Takjil Bulan Ramadhan di Kota Makassar yang berlokasi di Jalan Andi Mappanyukki. (22/03/2024).

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Balai Besar POM di Makassar, Hariani. Dalam penjelasannya, beliau menyampaikan bahwa “Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap bulan Ramadhan baik dalam Kota Makassar maupun di kabupaten/kota lain dan khusus penyedia takjil di lokasi ini sebelumnya telah diberikan sosialisasi tentang Keamanan Pangan yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Makassar”, ujar Hariani.

Dalam kegiatan pengawasan takjil, dilakukan sampling (pengambilan sampel) makanan minuman takjil dan kemudian dilakukan pengujian langsung dilokasi menggunakan metode pengujian test kit uji cepat yang meliputi pengujian terhadap kandungan bahan berbahaya seperti formalin, boraks, rhodamin B dan methanil yellow. Dari hasil pengujian yang dilaksanakan terhadap 36 sampel dinyatakan tidak mengandung bahan berbahaya.

Untuk memberikan informasi secara berkelanjutan, beberapa spanduk edukatif tentang keamanan pangan dipasang pada tenda tempat jualan dan diharapkan para penyedia takjil maupun masyarakat yang membeli senantiasa teredukasi tentang keamanan pangan sehingga lebih peduli dan kesadaran meningkat pentingnya produk yang aman, bermutu dan bernilai gizi.

 

BBPOM di Makassar

#BPOMRI

#SahabatBPOM

#HALOBPOM1500533

#SeputarBPOM

#KerjaSamaBPOM

#PanganAman

#CekKlik

Sarana