Balai Besar POM di Makassar Melakukan Kegiatan Advokasi Program Prioritas Nasional di Kabupaten Gowa

30-04-2024 Balai Besar/Balai POM Dilihat 211 kali

Makassar - Pengawalan Keamanan Pangan merupakan salah satu unsur penting dalam mendukung kualitas kesehatan masyarakat dan meningkatkan laju perekonomian bangsa Indonesia. Sejak tahun 2014, Badan POM menginisiasi 3 (tiga) program keamanan pangan yang merupakan Program Prioritas Nasional (ProPN) yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 – 2024,  yaitu program Desa Pangan Aman (Desa PAMAN), program Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas (PPABK), serta Pangan Jajanan Anak Sekolah Aman (PJAS).

Sebagai tahapan awal dari program tersebut, Balai Besar POM di Makassar melaksanakan kegiatan advokasi program tersebut kepada lintas sektor Pemerintah Daerah Kabupaten Gowa, sebagai salah satu daerah intervensi ProPN pada tahun 2024. Kegiatan advokasi dilaksanakan di Kabupaten Gowa. Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Ketahanan Kabupaten Gowa, H. Syamhari Rasyid, mewakili Bupati Gowa. Dalam arahannya menyampaikan “Kegiatan Advokasi ini tidak berhenti disini, kita semua harus terus melakukan penjagaan dan penjaminan keamanan pangan dengan terlibat langsung dalam mengontrol jenis makanan yang dikonsumsi”, Ujarnya. Kegiatan ini juga dihadiri stakeholder terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Pemberdayaan Desa, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Perikanan, perwakilan dari setiap desa, sekolah dan pasar yang menjadi lokus intervensi program tersebut, Selasa (23/04/2024).

Kegiatan advokasi dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang Program Prioritas Nasional yang disampaikan oleh Kepala Balai Besar POM di Makassar, Hariani. Dalam pemaparannya menyampaikan “Untuk wilayah Kabupaten Gowa, terdapat 2 lokus Desa, 2 lokus pasar, dan 9 lokus sekolah dan berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dengan komitmen Kerjasama dari semua pihak yang terlibat”, Ujarnya. Setelah pemaparan materi dilanjutkan dengan sesi diskusi.

Melalui kegiatan Advokasi ini diharapkan terus melakukan penjagaan dan penjaminan keamanan pangan yang merupakan salah satu unsur penting dalam mendukung kualitas kesehatan masyarakat dan meningkatkan laju perekonomian bangsa Indonesia.

Balai Besar POM Di Makassar

#BPOMRI

#SahabatBPOM

#HALOBPOM1500533

#SeputarBPOM

#KerjaSamaBPOM

#AdvokasiPROPN

Sarana