Balai Besar POM di Makassar Kembali Melakukan Pengukuhan MABI dan PINSAKA POM di Kwarcab Kabupaten Pinrang

30-04-2024 Balai Besar/Balai POM Dilihat 237 kali

Makassar - Satuan Karya merupakan organisasi pendukung Gerakan Pramuka yang melaksanakan tugas pembinaan peserta didik di bidang penguasaan kecakapan hidup khususnya yang terkait dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan praktis. Sebagai organisasi pendukung maka kedudukan Satuan Karya Pramuka merupakan pelengkap proses pembinaan peserta didik di Gugus Depan. Dengan demikian setiap anggota Satuan Karya Pramuka harus menjadi anggota Gugus Depan.

Satuan Karya Pramuka Pengawasan Obat dan Makanan (SAKA POM) merupakan Satuan Karya Pramuka yang dirintis oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis generasi muda dalam bidang pembinaan dan pengawasan obat dan makanan  yang dapat diterapkan pada diri, keluarga, lingkungan dan masyarakat. Saka POM telah dibentuk di hampir semua Provinsi di Indonesia. Provinsi Sulawesi Selatan merupakan salah satu daerah yang telah aktif melakukan pembentukan kepengurusan Saka POM di seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan.

Satuan Karya Pramuka Pengawas Obat dan Makanan (SAKA POM) merupakan wadah bagi anggota gerakan pramuka yang memiliki kepedulian terhadap pengawasan Obat dan Makanan untuk melindungi masyarakat. Sebagai bentuk dukungan percepatan pembentukan SAKA POM, Balai Besar POM di Makassar menggelar kegiatan Pengukuhan Majelis Pembimbing (MABI) dan Pimpinan Saka (PINSAKA) POM sekaligus melakukan Sosialisasi Saka POM, Minggu (28/04/2024).

Kegiatan Pengukuhan MABI dan PINSAKA POM serta Sosialisasi ini di ikuti sebanyak 77 peserta  yang terdiri dari unsur Gugus Depan , unsur Golongan Penegak dari 5 perwakilan SMA/MAN, PD Aisyah, PC IAI, Korwil Dikbud UPT, Dinas Ketahanan Pangan dan Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Pinrang menghadiri kegiatan. Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan di Makassar hadir untuk memberikan sambutan dan semangat untuk SAKA POM, dalam sambutannya Ia menjelaskan “Pada Saka POM, terdapat 3 Krida, yaitu Krida Pemantauan Obat dan Makanan; Krida Pengujian Sederhana Obat dan Makanan; serta Krida Pemberi Informasi Obat dan Makanan” ujar Hariani. Acara ini dibuka oleh Ketua Kwarcab yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Kwarcab Kabupaten Pinrang sekaligus menyampaikan sambutannya.

Setelah melantik MABI dan PINSAKA POM, Wakil Ketua Kwarcab Kabupaten Pinrang H. Andi Pabiseangi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kami berharap dengan pelantikan ini menjadi kekuatan baru, semangat baru untuk kita terutama di kwarcab, kami juga berharap dengan adanya SAKA POM ini bisa bersinergi, bisa berkolaborasi dengan saka-saka yang telah ada dan terkait dengan tugas dan fungsionalnya dapat mensosialisasikan tentang obat dan makanan yang aman untuk dikomsumsi masyarakat di Kabupaten Pinrang Khususnya”. ujar H. Andi Pabiseangi.

Melalui Pengukuhan MABI dan PINSAKA POM ini Badan POM berharap agar semakin banyak Kader Pramuka yang dapat bergabung dan secara aktif ikut berperan dalam pengawasan obat dan makanan melalui kegiatan yang terdapat dalam ketiga krida tersebut.

 

Balai Besar POM Di Makassar

#BPOMRI

#SahabatBPOM

#HALOBPOM1500533

#SeputarBPOM

#KerjaSamaBPOM

#SakaPOM

Sarana