Antusiasme Beauty Enthusiast ikuti Bimtek Ketentuan dan Persyaratan Kosmetik Balai Besar POM di Makassar

23-04-2024 Umum Dilihat 167 kali

Tren peredaran kosmetik di media online saat ini sangat dipengaruhi oleh ulasan para Beauty Enthusiast yang memiliki pengikut di media sosialnya. Ulasan yang disampaikan para Beauty Enthusiast ini kadang kala tidak memperhatikan legalitas, keamanan, mutu, label produk karena ketidakpahaman atau kurangnya literasi mereka terhadap regulasi kosmetik.

Balai Besar POM di Makassar menyelenggarakan Bimtek Ketentuan dan Persyaratan Kosmetik bagi Beauty Enthusiast di Makassar bertemapat di Hyatt Place, Rabu, 03/04/2024. Mengusung tema ‘Care your cosmetics, care your beauty, care your health’ Kegiatan ini di hadiri oleh 34 orang Beauty Enthusiast dari Makassar dan sekitarnya.

“Kegiatan ini adalah upaya untuk mempersiapkan serta membentuk mitra BPOM yang aktif di media online dan diharapkan kedepannya menjadi agent of change BPOM dalam pengawasan kosmetik terutama di media online”. Hariani, Kepala BBPOM di Makassar menyatakan harapannya saat membuka acara tersebut. Hariani menambahkan Pemantauan media daring (Patroli siber) tahun 2021 sampai dengan 2023 telah mengajukan rekomendasi takedown terhadap link yang melakukan  pelanggaran dalam hal peredaran Obat dan Makanan sebanyak 809 akun, dimana komoditi kosmetik menjadi produk yang mendominasi dengan jumlah akun 561 (63%).

Selain pemaparan dari BBPOM di Makassar mengenai Regulasi Kosmetik, hadir pula Muji Iswanty, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia Cabang Makassar yang menjelaskan tentang permasalahan kulit dan cara mengatasinya.  Selain itu, yuliasari, CEO PT Kalista Pesona Natur turut hadir sharing mengenai Formula kosmetik untuk para Beauty Enthusiast yang hadir dalam acara tersebut. Turut hadir YLKI dan KPID Sulawesi Selatan yang menyambut baik pelaksanaan event ini.

Beauty Enthusiast yang ikut pada acara ini diharapkan menjadi influencer terdepan dalam mempromosikan produk kosmetik yang memenuhi syarat/standar, mutu dan keamanan sesuai yang dipersyaratkan oleh BPOM.

Sarana