BBPOM Di Makassar Gelar FGD Sinergitas Fasilitas UMKM dengan Instansi Terkait
14 Juli 2021 10:13
Berita Aktual

Dalam rangka lebih meningkatkan koordinasi dengan lintas sector terkait beserta Lembaga atau BUMN yang memiliki binaan UMKM bidang obat dan makanan, BalaiBesar POM melaksanakanFocuss Group Discussion (FGD) dengan tema “Sinergitas Fasilitasi dan Asistensi Regulasi Bagi UMKM Obat dan Makanan Di Provinsi Sulawesi Selatan Dalam Rangka Peningkatan Mutu dan Daya Saing Produk” pada tanggal 13 Juli 2021 bertempat di Hotel Ibis Styles Makassar, dengan protokol Kesehatan.

 Kepala Balai Besar POM di Makassar, Dra. Hardaningsih, Apt., MHSM, dalam sambutannya sekaligus secara resmi membuka kegiatan menyampaikan bahwa Industri manufaktur skala mikro dan kecil mendominasi populasi industri di Indonesia, menjadi motor penggerak ekonomi rakyat. Industri ini juga berkontribusi sangat signifikan dalam menyediakan produk obat dan makanan yang aman, bermanfaat, dan bermutu. Namun di sisi lain, industry skala ini pada umumnya menghadapi berbagai keterbatasan seperti modal, fasilitas, pemasaran produk, dan sumber daya manusia untuk menghasilkan produk berdaya saing. Oleh karena itu pemerintah perlu member perhatian secara khusus untuk meningkatkan daya saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Setelah membuka kegiatan, Kepala Balai juga menyampaikan paparan materi tentang Asistensi Regulasi dan Fasilitasi Registrasi Izin Edar Produk UMKM. Selanjutnya, pemaparan materi tentang Perizinan Berusaha UMKM Pangan Olahan, Obat Tradisional dan Kosmetik oleh Kepala Dinas PM-PTSP Prov. Sulawesi Selatan, dan materi tentang Fasilitasi Dinas Koperasi dan UKM terhadap Produk UMKM oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov. Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini dihadiri oleh 24 Instansi Pemerintah / Lembaga BUMN yang memiliki Binaan UMKM. Dalam sesi diskusi, hadir sebagai Penanggap Utama dari Perwakilan Kanwil Kementerian Agama Prov. Sulawesi Selatan, Bank Indonesia dan Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar.

 

#BBPOMMakassar

#SinergitasUMKM

#FGD