Balai Besar POM di Makassar Menggelar Advokasi Kegiatan Terpadu Desa Pangan Aman, Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas dan Pangan Jajanan Untuk Anak Usia Sekolah di Kabupaten Kepulauan Selayar

31-03-2024 Balai Besar/Balai POM Dilihat 139 kali

Makassar - Intervensi keamanan pangan pada kegiatan Desa Pangan Aman, Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas dan Sekolah dengan PJAS Aman merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Balai Besar/Balai POM yang bertujuan menggugah komunitas desa, komunitas pasar dan komunitas sekolah agar dapat berdaya, berpartisipasi dan mandiri dalam pembinaan dan pengawasan keamanan pangan di komunitasnya masing-masing. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan komitmen pemerintah daerah untuk mengawal keberlanjutan program pada desa, pasar dan sekolah yang telah diintervensi dan mereplikasi program pada Kabupaten/Kota secara mandiri. (27/03/2024).

Untuk mengintegrasikan program keamanan pangan kedalam program di lintas sektor perlu dilakukan pertemuan melalui kegiatan Advokasi untuk melakukan koordinasi, sosialisasi, sinkronisasi kegiatan Desa Pangan Aman, Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas dan Pangan Jajanan Anak Sekolah. Melalui pertemuan ini diharapkan para pemangku kepentingan dapat melakukan kegiatan secara terpadu sehingga masyarakat mendapatkan intervensi keamanan pangan yang komprehensif yaitu intervensi dari sisi supply dan sisi demand.

Kegiatan dilaksanakan disalah satu hotel yang ada di Kabupaten Kepulauan Selayar Kegiatan dibuka oleh Staf ahli Bidang Kesejahteraan Rakyat Muzakkir Muin. Dalam sambutannya beliau “Menyampaikan terima kasih atas dipilihnya Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai salah satu daerah pelaksanaan Program Prioritas Nasional.Program Indonesia sehat dilaksanakan 3 pilar utama yaitu pertama Paradigma sehat,ke dua penguatan pelayanan kesehatan dan ketiga jaminan kesehatan nasional untuk seluruh masyarakat, Meningkatnya derajat kesehatan masyarakat tidak terlepas dari meningkatnya konsumsi pangan yang aman, sehat di masyarakat”, ujar Muzakkir Muin.

Ketersediaan pangan yang aman, sehat dan layak adalah hal yang penting dan menjadi tanggung jawab bersama mulai dari pemeintah, industri sampai di masyarakat sebagai konsumen. Keamanan pangan sangat berkontribusi besar pada beberapa isu /kebijakan pemerintah maupun isu global diantaranya penanganan pandemi covid 19, penurunan stunting melalui peraturan Persiden No 72 tahun 2021 ,intervensi keamanan pangan oleh pemerintah kabupaten / kota merupakan salah satu indikator untuk program percepatan penurunan stunting,  SDGS Keamanna pangan berkontribusi untuk pencapaian SDGS ke 2 Tanpa kelaparan dan SDGS ke 3 kehidupan sehat dan sejahteraSDGS ke 12 konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab dan indonesi emas 2045 yaitu kemandirian masyarakat dalam keamanan pangan berdampak pada peningkatan kesehatan dan kesejahteraan sosiaal  serta perekonomian sehingga dapat mendukung pencapaian Visi Indonesia emas 2045 Kegiatan diikuti 4 orang peserta terdiri dari tim desa, pasar, sekolah yang diintervensi serta stakeholder terkait. Dalam kegiatan ini dilaksanakan penandatangan komitmen oleh sekolah, desa dan pasar yang akan diintervensi tahun 2024.

 

BBPOM di Makassar

#BPOMRI

#SahabatBPOM

#HALOBPOM1500533

#SeputarBPOM

#KerjaSamaBPOM

#DesaPanganAman

#PasarPanganAman

#PJAS

#CekKlik

Sarana