Balai Besar POM di Makassar Melakukan Pendampingan Verifikasi Lapangan dalam rangka Lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Kompetensi (PPABK) Tingkat Nasional Pasar Rakyat Kapidi di Kabupaten Luwu Utara

08-05-2024 Balai Besar/Balai POM Dilihat 255 kali

Makassar- Dalam rangka menjamin keamanan dan mutu pangan olahan yang beredar di masyarakat, dan menggugah komunitas pasar agar dapat berdaya dan mandiri dalam pembinaan dan pengawasan kepada komunitas pasar, Badan POM mengembangkan Program Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas. Salah satu strategi implementasi program penyelenggaraan Program Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas adalah program Pengawasan Keamanan Pangan di pasar

Pasar Rakyat Kapidi desa Kapidi kecamatan Mappedeceng Kabupaten Luwu Utara mewakili Sulawesi Selatan mengikuti kegiatan Verifikasi Lapangan Lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Kompetensi (PPABK) tingkat Nasional tahun 2024. Lomba tersebut diikuti 31 peserta pasar di seluruh Indonesia. Lomba dibagi 3 regional, sementara pasar rakyat Kapidi masuk di regional tengah dan lolos di tiga besar setelah wawancara dan verifikasi lapangan untuk menentukan juara satu, dua dan tiga, (02-04/05/2024).

Kepala UPT Pasar Dinas P2KUKM Kabupaten Luwu Utara mengungkapkan, bahwa “Kegiatan tersebut diprakarsai oleh BBPOM Makassar, Pasar Rakyat Kapidi bisa mengikuti lomba PPABK dan masuk nominasi tiga besar”, Ujar Aras Mamang.

Diharapkan dengan adanya lomba ini bisa menjadi motivasi bagi pasar yang lain bagaimana bisa melindungi masyarakat dengan bahan berbahaya yang di jual di pasar dan pedagang juga paham cara mengolah pangan siap saji dan olahan dengan baik tidak memakai bahan berbahaya dan hidup sehat di lingkungan baik di pasar maupun dilingkungan masyarakat.

Balai Besar POM di Makassar

#BPOMRI

#SahabatBPOM

#HALOBPOM1500533

#SeputarBPOM

#KerjaSamaBPOM

#LombaPasarPPABK

Sarana